Berita

PERESMIAN GEDUNG BARU PUSKESMAS DAN PENCANANGAN GERAKAN MASYARAKAT HIDUP SEHAT KABUPATEN TANAH LAUT TAHUN 2017

TAMBANG ULANG, siapa yang tidak sering lewat Tambang Ulang? Tengoklah di sebelah kiri jalan jika bepergian ke arah Pelaihari, ada sebuah gedung baru yaitu Puskesmas Tambang Ulang yang dilengkapi dengan UGD. Puskesmas Tambang Ulang sebelumnya adalah Puskesmas Pembantu (PUSTU) yang menginduk ke Puskesmas Bati-Bati. PadaTahun 1991 sejalan dengan berkembangnya Tambang Ulang menjadi Kecamatan maka Pustu Tambang Ulang menjadi Puskesmas Induk, kemudian pada Tahun 2016 Puskesmas Tambang Ulang dibangun dilokasi baru diatas lahan 46 x 110 M dan dilengkapi dengan UGD sesuai standar Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2014 untuk meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien.

Selasa 23 Mei 2017, gedung tersebut diresmikan oleh Bupati Tanah Laut H.Bambang Alamsyah. Tidak hanya Puskesmas Tambang Ulang yang diresmikan, sekaligus penandatanganan prasasti Puskesmas Takisung dan Puskesmas Panyipatan.

Usai melakukan pemotongan pita, Bupati Tanah Laut yang didampingi istri, Arry Suryandini bersama para tamu meninjau ruangan Puskesmas Tambang Ulang dan berkesempatan melakukan pemeriksaan kesehatan gigi di ruangan kesehatan gigi dan mulut. Beliau berpesan kepada seluruh pegawai di Puskesmas Tambang Ulang, Takisung dan Panyipatan dengan gedung baru dan bagus maka diharapkan semakin baik pula pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Ia menyatakan, Pemkab Tala berkomitmen agar pelayanan kesehatan masyarakat semakin bagus, termasuk komitmen dalam mengeluarkan dana untuk membangun Rumah Sakit Type B di Pelaihari, Rumah Sakit Type D di Kintap dan Pembangunan beberapa gedung baru Puskesmas pada tahun-tahun mendatang.

Pada kesempatan ini juga diserahkan secara simbolis Kartu Indonesia Sehat yang biaya preminya dibayar oleh Pemkab Tala. Dengan terintegrasinya kartu JKN-KIS yang preminya dibayar oleh Pemkab Tala maka masyarakat Tala yang tidak mampu akan tercover oleh Jaminan Kesehatan Nasional.

Serangkaian dengan acara peresmian, dilakukan pula kegiatan Pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) oleh bapak Bupati Tanah Laut yang ditandai dengan makan buah bersama dengan para undangan yang terdiri dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Kepala SOPD dan Instansi vertikal, tokoh masyarakat, tokoh agama, kader kesehatan, kepala sekolah, aparat desa dan lintas sektor Kecamatan Tambang Ulang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah laut, H. Junaidi, SKM melaporkan, pencanangan Germas ini merupakan gerakan nasional sebagai bentuk kegiatan promotif dan preventif (pencegahan) atas meningkatnya penyakit tidak menular seperti Hipertensi, Diabetes Melitus, stroke, gangguan kesehatan jiwa dll. Yang menjadi sorotan adalah hipertensi yang angkanya sudah mengalahkan penyakit infeksi dan menular lainnya, juga angka gangguan atau keluhan jiwa di Kabupaten Tanah Laut hampir mencapai 10 % dari jumlah penduduk. Oleh karena itu penting sekali menerapkan pola hidup sehat. Tindakan nyata dari gerakan masyarakat hidup sehat yaitu melakukan aktivitas fisik secara teratur dan terukur, membudayakan makan buah dan sayur setiap hari, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alcohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan, menggunakan jamban sehat dan memiliki jaminan kesehatan.

Pada kesempatan ini, Pemkab Tala juga menyerahkan Kendaraan dinas Roda 2 sebanyak 2 (dua) buah kepada Tim Nusantara Sehat yang bertugas di Batakan Kabupaten Tanah Laut. Program Nusantara Sehat merupakan salah satu bentuk kegiatan dalam upaya mewujudkan Indonesia Sehat dan penguatan pelayanan kesehatan yang urgen seperti angka kematian ibu, angka kematian bayi, angka gizi buruk, angka harapan hidup dan sanitasi lingkungan.

Program Nusantara Sehat menggunakan pendekatan keluarga bersifat komprehensif dengan melibatkan anggota tim dengan berbagai jenis tenaga kesehatanya itu dokter, perawat, bidan, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga kesehatan lingkungan dan tenaga gizi. Diharapkan, program Nusantara Sehat dapat berdampak secara nyata untuk mewujudkan Tanah Laut yang lebih sehat.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *